7 Manfaat Matcha Bagi Kesehatan (Terbukti)

Matcha kini sudah menjadi semakin populer dengan begitu banyaknya kafe dan restoran menyajikan minuman berwarna hijau yang lezat dan bernutrisi ini.

Seperti teh hijau, matcha berasal dari tanaman Camellia Sinesis. Namun matcha tumbuh dan dipanen dengan cara yang berbeda, sehingga kandungan nutrisinya pun berbeda.

Petani memanen matcha dengan menutup tanaman mereka dengan anyaman sedotan plastik untuk menghindari sinar matahari langsung. Dengan cara ini tanaman teh yang akan menjadi matcha memproduksi klorofil lebih banyak lagi, serta meningkatkan konten amino acid dan menjadikan daun teh berwarna hijau gelap.

matcha baik untuk kesehatan

Setelah daunnya dipanen, matcha segera digiling dengan batu marmer hingga halus. Kamu bisa membaca seluruhnya mengenai produksi matcha di sini.

Studi menyatakan bahwa matcha dapat membantu menyehatkan tubuh, menyehatkan fungsi hati, jantung, serta membantu dalam mengurangi berat badan.

Berikut adalah 7 manfaat matcha bagi kesehatan yang sudah terbukti:

 

1. Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Tinggi

Matcha memiliki kandungan catechins yang berlimpah. Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan alami yang membantu menghancurkan radikal bebas.

Ketika kamu meminum matcha, kamu mendapatkan nutrisi yang sepenuhnya dikarenakan kamu juga "memakan" daun teh tersebut. Kandungan nutrisi ini jauh lebih banyak dibanding hanya merendam daun teh (teh hijau biasa).

Jumlah catechins dalam matcha bisa mencapai 137 kali lebih banyak daripada kandungan di teh hijau lainnya.

Hindari kerusakan sel dan penyakit lainnya yang diakibatkan radikal bebas dengan matcha.

 

2. Menjaga Kesehatan Hati

Hati (liver) merupakan organ vital yang bertugas membuang racun, menjaga metabolisme tubuh, dan memproses nutrisi.

Beberapa studi menyimpulkan bahwa matcha dapat menjaga kesehatan hati kamu.

Di satu studi, tikus yang menderita diabetes diberi matcha selama 16 minggu dan hasilnya menunjukkan bahwa matcha mengurangi kerusakan hati dan ginjal.

Di studi lainnya, 80 orang dengan fatty liver (hati berlemak) diberikan 500mg ekstrak teh hijau selama 90 hari.

Setelah 12 minggu, ekstrak teh hijau ini rupanya mengurangi kadar liver enzyme mereka (kandungan liver enzyme yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati).

 

3. Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Beberapa riset menunjukkan bahwa beberapa komponen di dalam matcha dapat membantu kemampuan kognitif.

Di satu studi, 23 orang diberikan tugas yang didesain untuk menilai kemampuan kognitif. Beberapa partisipan diberikan matcha sebanyak 4 gram sementara beberapa partisipan yang lain diberikan teh placebo.

Peneliti lalu menemukan bahwa matcha meningkatkan fokus, waktu reaksi, dan memori.

Di studi lainnya ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi 2 gram matcha setiap hari selama 2 minggu dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada orang lanjut usia.

Selain itu, matcha mengandung konsentrasi kafein yang lebih banyak daripada teh hijau, dengan jumlah 35 mg kafein per setengah sendok teh (sekitar 1 gram) bubuk matcha.

Matcha juga mengandung L-theanine yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas alpha wave di otak, yang dapat memberikan rasa tenang dan mengurangi stres.

 

4. Membantu Mencegah Munculnya Sel Kanker

Matcha memiliki segudang senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk beberapa yang dikaitkan dengan pencegahan sel kanker.

Dalam satu studi, ekstrak teh hijau dapat mengurangi besarnya tumor dan menghambat perkembangan sel kanker pada tikus.

Matcha juga memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Senyawa ini merupakan tipe catechin yang sudah menunjukkan kemampuan untuk mencegah munculnya sel kanker. Beberapa tipe kanker yang bisa dicegah dengan EGCG adalah: kanker prostat, kulit, paru-paru, serta hati.

 

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia, dengan estimasi 1/3 jumlah dari seluruh kematian di atas umur 35.

Beberapa studi menunjukkan bahwa meminum teh hijau, yang memiliki nutrisi yang mirip dengan matcha, dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Teh hijau telah terbukti dapat mengurangi jumlah kolesterol LDL dan juga triglycerides.

Rajin berolah raga serta makan makanan bernutrisi dan sehat seperti matcha, dapat membantu kamu memiliki jantung yang sehat dan terlindung dari penyakit.

 

6. Membantu Mengurangi Berat Badan

Coba deh kamu lihat label obat penurun berat badan, mungkin kamu akan menemukan kata-kata "green tea extract" atau "ekstrak teh hijau".

Memang enggak aneh, karena teh hijau memang dikenal sebagai penurun berat badan. Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh untuk meningkatkan pembakaran energi dan lemak.

Studi menyatakan bahwa mengkonsumsi teh hijau dalam berolah raga dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 17%.

 

7. Matcha Sangat Mudah Untuk Disiapkan

Mau mulai memanfaatkan matcha untuk kesehatan? Caranya mudah dan rasanya lezat!

Kamu bisa ngintip di blog kami mengenai cara untuk membuat matcha yang paling kamu suka. Resep matcha yang ada di blog kami sudah kami coba sendiri dan rasanya memang lezat. Resep tersebut akan terus bertambah setiap minggunya, maka jangan lupa untuk berlangganan newsletter kami!

 

Kesimpulannya

Matcha berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau, namun karena matcha terbuat dari seluruh daun, maka jumlah antioksidan dan kandungan nutrisinya jauh lebih banyak dibanding teh hijau biasa.

Studi telah membuktikan berbagai kegunaan matcha bagi kesehatan seperti mengurangi berat badan, serta mengurangi resiko penyakit jantung.

Lebih serunya lagi, matcha begitu mudah disiapkan. Kamu bisa mencoba berbagai resep dari blog kami dan memilih resep favoritmu untuk rasa yang lezat dan nutrisi yang maksimal!

Dapatkan matcha dari Uji, Kyoto yang terbaik dengan Zefer Matcha!

Artikel ini dikutip dari healthline.com


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published